10 Lagu Dangdut Terpopuler Sepanjang Masa

Sebuah lagu Dangdut baru bisa dikatakan sebagai lagu terpopuler sepanjang masa adalah ketika lagu tersebut masih bisa kita dengarkan, masih sering dipentaskan dan dinyanyikan oleh masyarakat terutama pecinta Dangdut (termasuk penyanyi), tak pernah hilang dari peredaran dari masa ke masa dan dari generasi ke generasi.

10 lagu Dangdut terpopuler dan terkenal sepanjang masa

Apa Ukuran/Parameter Lagu Dangdut Terpopuler ?

Apa saja ukuran ataupun parameter sebuah lagu Dangdut dianggap menjadi lagu yang paling populer?. Untuk menjawabnya, saya akan menganalogikan popularitas Rhoma Irama dan Briptu Norman Kamaru. Rhoma Irama adalah legenda musik Dangdut Indonesia yang populer dari berbagai generasi. Mulai dari generasi 60an hingga sekarang. Norman Kamaru adalah artis Dangdut "dadakan" yang popularitasnya mampu mengalahkan artis Dangdut lainnya di periode tertentu, bahkan termasuk Rhoma Irama.

Namun, popularitas Norman Kamaru hanya bertahan sebentar di periode tertentu saja. Sementara Rhoma Irama, meskipun banyak muncul artis Dangdut 'pesaing' pendatang baru, popularitas beliau tetap stabil dan masih eksis hingga sekarang di usianya yang sudah senja.

Contoh analogi di atas bisa diterapkan pada kriteria sebuah lagu Dangdut bisa dikatakan sebagai lagu populer sepanjang masa. Jadi, sebuah lagu Dangdut bisa kita anggap menjadi lagu terpopuler jika tetap bertahan atau eksis dari masa ke masa tidak sekedar populer di tahun-tahun tertentu saja, meskipun pada periode tertentu ada beberapa lagu Dangdut yang lebih populer, namun tidak bertahan lama yang bisa dinikmati dari masa ke masa.

Sebagai contoh, dulu, sekitar tahun 2007 lagu Dangdut yang berjudul SMS begitu populer di masyarakat, termasuk mereka yang anti-Dangdut pun tahu lagu ini. Namun, lambat laun, lagu tersebut surut dan hilang dari peredaran. Demikian halnya lagu yang berjudul Alamat Palsu, yang begitu fenomenal di sekitar tahun 2010 silam, saat ini tenggelam dan hampir tak pernah lagi kita mendengarkannya lagi, baik di radio, televisi atau secara langsung dinyanyikan oleh siapa saja dari kota hingga desa. Intinya, lagu seperti SMS, Alamat Palsu, Bang Toyib, dan lain sebagainya itu tidak mampu bertahan lama dan hanya populer di periode tertentu.

Oleh karena itu jika ada lagu Dangdut yang pernah populer sesaat saja dan kemudian tenggelam bak ditelan alam, belum bisa dikatakan sebagai lagu Dangdut terpopuler sepanjang masa, meskipun misalnya pernah meraih penghargaan penjualan kaset/DVD terlaris.

Berdasarkan hal itu, saya yakin sobat sudah bisa menilai bagaimana sebuah lagu Dangdut itu bisa dianggap populer di sepanjang masa, tidak pernah surut dan selalu ada dan masih sering dinyanyikan atau dipentaskan baik di layar kaca, diputar di radio atau dipentaskan oleh grup Dangdut. Sederhana saja, ketika sobat melihat pentas Dangdut dari sebuah grup, entah itu di lapangan terbuka, atau di kafe, masihkah lagu seperti Alamat Palsu, SMS, Keong Racun, Goyang Dombret, Bang Toyib masih direques atau dipentaskan oleh grup atau penyanyi itu?.

Daftar Lagu Dangdut Terpopuler Sepanjang Masa

Lalu lagu apa saja sih yang bisa dikatakan pernah populer namun tetap bertahan dari lagu itu dirilis hingga sekarang?. Berikut ini adalah 10 lagu Dangdut terpopuler sepanjang masa yang hingga kini masih eksis dan masih sering kita dengarkan baik secara langsung melalui live show di lapangan terbuka, kafe-kaf atau masih sering kita dengar dan saksikan di layar kaca, radio atau bahkan internet.

Gelandangan - Rhoma Irama - Diluncurkan di era 70an

Lagu yang sebagaian liriknya " Langit sebagai atap rumahku..dan bumi sebagai lantainya" ini mampu bertahan hingga sekarang meskipun sudah muncul begitu banyak lagu Dangdut lain. Ketika ada sebuah lagu yang booming di tahun tertentu, lagu ini tetap didendangkan oleh penyanyi atau grup Dangdut tertentu dari generasi ke generasi, termasuk sobat dan saya yang belum lahir waktu itu pun mengenal lagu ini. Berdasar pertimbangan ini, lagu Gelandangan karya cipta Rhoma Irama layak menjadi lagu Dangdut terpopuler sepanjang masa.

Sakit Gigi - Meggy Z - Diluncurkan di era 80an

Judul lagu asli yang tertera dalam kaset sebenarnya "Lebih Baik Sakit Gigi", namun kebanyakan masyarakat lebih mudah menyebut judulnya Sakit Gigi. Ya, meskipun lagu ini diluncurkan di era 80an, namun hingga sekarang kita masih sering mendengarkan lagu tersebut. Dan lagu ini juga sering dijadikan sebagai lagu kontes atau lomba nyanyi Dangdut (termasuk karaoke).

Pacar Dunia Akhirat - Rita Sugiarto - Diluncurkan di era 90an

Lagu yang memiliki syair luar biasa ini juga masih sering ditampilkan atau dinyanyikan oleh kebanyakan penyanyi yang memiliki karakter atau kualitas vokal lebih. Rasanya, bagi seorang penyanyi belum lengkap dikatakan penyanyi Dangdut jika belum pernah menyanyikan lagu ini. Tak heran, karena kualitas vokal yang begitu apik, lagu ini juga kerap dijadikan sebagai lagu wajib untuk sebuah kontes atau lomba nyanyi, entah itu diwajibkan oleh pihak penyelenggara atau oleh peserta itu sendiri yang merasa memiliki kemampuan untuk menyanyikannya.

Begadang - Rhoma Irama - Diluncurkan di era 70an

Tak hanya populer di kalangan masyarakat, khususnya pecinta Dangdut, namun juga di kalangan artis lain genre. Lagu ini juga masuk dalam kategori 20 besar lagu terbaik Indonesia versi majalah Rolling Stones Indonesia. Bahkan, seorang Iwan Fals pun berani menyatakan kalau lagu Begadang ini setara dengan lagu wajib nasional seperti Indonesia Raya dan Bagimu Negeri (Sumber : Buku Biografi Rhoma Irama "Satria Bergitar", penulis Kartoyo DS dan Uki Bayu Sejati, penerbit PT. Limo Pandowo KaryaIndo).

Termiskin Di Dunia - Hamdan ATT - Diluncurkan di era 80an

Lagu ini adalah lagu yang mengantarkan si penyanyinya, Hamdan ATT menjadi terkenal dan populer di masyarakat, khususnya Dangdutmania. Lagunya yang "rendah hati" ini mampu menyedot perhatian masyarakat saat itu. Apalagi ditambah dengan ciri khas si penyanyi, dengan rambut kribo dan kumis tebal, menjadikan keduanya begitu terkenal. Hingga saat inipun kita masih sering mendengarkannya baik itu dipentaskan, diputar di radio atau ditayangkan di televisi.

6. Hidup di Dalam Bui - Koes Plus - Diluncurkan di era 80an
7. Khana - Mansyur S
8. Kembalikanlah Dia - Asep Irama
9. Selamat Malam - Evie Tamala
10. Terlena - Ikke Nurjanah

Itulah 10 lagu Dangdut yang masih populer sepanjang masa hingga saat ini versi Dangdinkdut. Jika 10 tahun atau 20 tahun yang akan datang, lagu seperti Oplosan, Sakitnya Tuh Di Sini, Alamat Palsu dan lain-lain kembali menghangatkan Dangdut, mungkin juga akan masuk dalam daftar tersebut.

Back To Top